29 November 2008

Memang Kenapa Kalo Beda

Gw sedikit kesal, beberapa kali – dengan adanya denominasi gereja dan pemisahan antara gereja Katolik dan Kristen. Hal ini membuat umat Kristen dan katolik bukan hanya apriori terhadap umat dengan kepercayaan lain, tapi sama ‘saudaranya’ sendiri juga. Tuhan-nya kan satu: Yesus Kristus, kenapa sih harus saling menyerang? Saling menentang dan ada rasa ngga suka.

Kita ngga beda, cuma proses yang membedakan. Tuhan Yesus kan satu orang, ajarannya juga satu: kasih. Kenapa ada permusuhan dalam kepercayaan akan kasih? Bete deh gw. Banyak jalan menuju ke Roma. Sama juga, denominasi gereja hanya membedakan cara. Kalo dengan jungkir balik bisa ketemu Tuhan Yesus, kenapa ngotot harus sujud? Kalo dengan hening bisa ketemu Tuhan Yesus, kenapa ngotot harus tepuk tangan juga? Heran gw, tiap orang kan beda-beda. Harusnya kita bisa saling menghargai (iya sih, kalo kita saling menghargai ngga mungkin ada perang di dunia)

Beberapa percakapan
Tentang Kristen
Gw : Ya mungkin kurang bertobat.
Dia 1 : Kalo bertobat harus baptis selam?! Baru tobat artinya?!
Gw : Bertobat ya minta ampun sama Tuhan pake doa. Ngga pake baptis selam.
Dia 1 : Kirain harus, kalo ngga berarti belom tobat.
Gw : (Negative thinking banget sih saking antipatinya sama sodara sendiri)

Tentang Katolik
Dia 2 : Ya itu yang gw ngga suka dari orang Katolik. Banyak berhala.
Gw : Itu cuma simbol awalnya.
Dia 2 : Tetep aja disembah-sembah.
Gw : Itu salah kaprah sampe sininya.
Dia 2 : Sama aja!
Gw : Mereka cuma bertahan pada cara lama saja – mengutamakan kesakralan dan keheningan.
Dia 2 : Ngga hidup. Ngantuk.
Gw : Ya ngantuk sih cuma mungkin jemaatnya bisa ketemu Tuhan dengan cara seperti itu.
Dia 2 : Ngga masuk akal.
Gw : Makanya kamu ngga jadi katolik.

Tentang Kristen
Gw : Kristen sama katolik Tuhan-nya sama!
Dia 3 : Lo bethel? Sorry ya, gw agak ngga suka. Ada pengalaman ngga enak.
Gw : Kenapa?
Dia 3 : Dulu gw ngga jadi sama cewe gw karena orang tuanya ngga suka gw katolik.
Gw :(ya itu kan orang tuanya, bukan denominasi gerejanya. Wah, terjadi stereotyping subjektif)
Dia 3 : Gw ngga suka bethel kotbahnya selalu tentang uang.
Gw : Ya mungkin lo pas datang pas kotbahnya tentang uang terus.
Dia 3 : Ngga kok, gw sering.
Gw : (ayat di alkitab juga paling banyak tentang duit. Udah baca semua belom?)
Dia 3 : Lagipula Katolik kayanya lebih serius.
Gw : ?
Dia 3 : Dari hidup pastornya aja ngga menikah, hidupnya dari bantuan. Kalo pendeta lihat aja. Dulu gw punya temen anak pendeta, wahhh…
Gw : (ini pernah baca alkitab ngga sih? Abraha, a.k.a Nabi Ibrahim juga utusan Tuhan, tapi nikah, kaya lagi. Kok agak ngga nyambung ya sama keseriusan, itu hanya masalah konvensi cara)
Dia 3 : Dulu gw pernah ke gereja bethel, doa persembahan uangnya dimasukin amplop. Diangkat-angkat didoakan. Apa-apaan itu?! Kalo ngasih ngga usah ribut.
Gw : Oh iya?! Gw belum pernah lihat yang kaya gitu hehe… (so I don’t judge, mungkin kita belum tahu artinya sama kaya gw ngga tahu kenapa orang katolik ngga boleh makan sebelum masuk ibadah, dan seperti kenapa orang Islam harus wudhu – kayanya hanya masalah symbol bukan pamer)

Kenapa sih harus saling membedakan? Kristen juga berangkat dari Katolik. Sampai ada masalah indulgensia yang melahirkan protestan yang akhirnya disebut Kristen. Habis itu juga pasti mereka tobat. Kita juga pake alkitab yang sama. Kejadian sampe Wahyu. Tuhan-nya satu: Yesus Kristus, Allah Anak yang punya Bapa, dan mengutus Roh Kudus. Denominasi hanya memperkaya tubuh Kristus, membuka banyak jalan orang datang kepada Dia. Why do we have to judge one another? Yah ini mungkin yang bikin Yesus bilang, Dia ngga punya tempat untuk meletakkan kepala karena tubuh-Nya terpecah belah. Saling menentang. Mungkin kita semua lupa sama doa Yesus, agar kita bersatu seperti Yesus dan Bapa adalah satu.

No comments:

Post a Comment