20 October 2007

Sayang...

Sayang – itu yang ada di otak gw setiap kali gw muter-muter Bandung. Rasanya sudah berkali-kali, dan ke banyak orang gw bilang: “Sayang ya, Bandung ngga dirawat…” Gw GEMES (dan geram sepertinya) melihat tata kota Bandung ini. Seandainya setiap pemimpin kota memiliki penghargaan terhadap warisan kotanya, gw percaya kota itu akan jadi bagus. Duh, gimana ya ngomongnya – ya gitu, ah sial! Susah gw ngejelasinnya…

Gini, Bandung itu kan bagus ya… Buanyaaaak banget bangunan kunonya – yang sampe sekarang masih bertahan walaupun kondisinya sudah tidak sebaik dulu. Bayangkan kalau saja, pemerintah kota ini menghargai heritage-heritage yang ada, pariwisata Bandung pasti jauh lebih maju. Mungkin selain jadi kota wisata belanja (hehehe… macetmacetmacet), bisa jadi kota wisata budaya. Kebayang deh, kalau dipelihara – arsitektur di Bandung ini pasti keren banget. Sebenernya hanya perlu maintenance. Liat aja, sampe sekarang – ga dirawat gini, bangunannya masih berdiri kokoh dan masih bisa diliat bagusnya, APALAGI DIRAWAT! Huhh, EMOSI gw… Padahal gw bukan penduduk Bandung asli (Hey, JAKARTA! Aku juga benci melihat dirimu sekarang ini).

Mm, dan Bandung, maksudnya di sini – mulai banyak bangunan-bangunan tinggi, walaupun belum mencakar langit. LOL. Kayaknya akan menuju ke sana. PLEASE, STOP IT! Ngga cocok… Bandung itu kan dikelilingi gunung, ngapain dibentengin pake gedung-gedung beton gitu lagi… Duh… Mungkin memang perlu, tapi konsep tata kotanya mulai ngga jelas – semrawut. Please (please deh bahasanya!) jangan kaya kJakarta… Mau hijrah ke mana lagi gw (+ gw mewakili orang Jakarta lainnya)…

Dan ternyata eh ternyata, mulai banyak rumah-rumah (permukiman) kumuh ya… Yang kalo ngga diantisipasi dari sekarang bisa kaya Jakarta kota resah itu. Masalahnya apa ya?????
Bagus-bagus ga diperlihara, sayang… Nasi uda jadi bubur sih ni…

No comments:

Post a Comment